Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, February 18, 2009

Bangkitnya Alpina Ke Dunia Otomotif

Setelah hampir dua puluh tahun vakum dari dunia otomotif rumah modifikasi Alpina, spesialis tuner untuk BMW kembali bangkit dari tidur panjangnya. Melalui ajang kejuaraan balap bergengsi tahun ini, FIA GT3 European Championship, Alpina berusaha untuk menunjukkan taringnya lagi. Lewat sedan BMW B6 GT3, talenta kreatifitasnya diasah dan terbukti hasilnya masih layak untuk dipuji meskipun lama tak beredar.

Joki-joki balap andalannya seperti Hans Stuck, Jacky Ickx dan Niki Lauda, yang akan membawa bendera ALpina dalam ajang balap FIA GT3 tersebut. Ketiganya pernah menjuarai European Touring Car championship dan membawa nama pabrikan BMW. Maka itulah sebagai sponsornya, BMW sangat yakin dengan kemampuan mereka yang tergabung dalam team Alpina juga. pihak BMW pun berharap tahun ini menjadi awal kebangkitan dari rumah modifikasi asal Jeraman tersebut, dengan begitu BMW dapat kembali berpartisipasi disetiap ajang kompetisi nantinya.

Demi mempersiapkan hal tersebut Alpina telah merombak sedan berwarna hijau tersebut secara total. Guna mendukung prestise maka seluruh bodi eksterior didesain ulang hingga tampilannya sangat berkesan sporty. Dimulai dari bumper depannnya banyak mendapat sentuhan aerodinamis hingga kesisi buritannya. Kemudian warna cat juga dibuat sangat mencolok mata, bertujuan agar menarik perhatian tersendiri.

Tidak hanya penampilan saja yang berubah justru bagian mesinlah yang mendapat perhatian ekstra. Para tuner di Alpina mempercayakan ketangguhan tenaga dari mesin 4.4-liter V8 akan bertambah dengan dicangkokkan supercharger. Dengan begitu sedan tersebut mampu dipacu hingga 530hp (395kW) serta kemampuan torsi bekerja maksimal pada ukuran 535ft-lb (725Nm). Sementara itu, untuk ban menggunakan produk berkualitas Michelin ukuran 18 inchi, dan bobot keseluruhan mobil juga diperhitungkan hingga menjadi 1,350 kg.[nus/autoblackthrough.com]