Djarum Black Blog Competition Vol.2

Tuesday, December 2, 2008

Desain Ban Militer Terbaru, Anti Pecah Meski Kena Ledakan

Baru baru ini serangkaian upgrades dilakukan pihak militer pada kendaraan Humvees mereka. Untuk melindungi sergapan, plat pelindung lebih tipis dan juga roda honeycomb terbaru yang anti peluru pun dipasang untuk tetap menjaga mobil tersebut berjalan, meski berada dalam situasi pertempuran atau I.E.D (Improvised Explosive Device). Jadi apa rahasia dari ban ini? Well, dia tidak menggunakan udara sama sekali!.

Honeycomb berbasis pada jaring polymeric yang tidak hanya akan menerima peluru, tapi juga ledakan yang dapat membuat sang mobil tetap berjalan pada kecepatan lebih dari 50 mil perjam. Tercatat, ternyata rate jumlah kematian dan cedera terjadi bukan karena ledakan awal tetapi lebih karena pecah ban. Jadi dapat dibilang pengembangan ban yang mengusung konsep kembali ke alam (back to the nature) ini menjadi solusi yang terbilang tepat dalam menyesuaikan diri dengan situasi penyergapan tertentu. Hmm...ban sarang tawon yang anti sergap???(4_yD)

2 comments:

The Danster said...

Mau dong! Di Surabaya sudah ada tidak?

quantum motivasi said...

Ternyata banyak, ya. Di alam ini yang menjadi inspirasi. Sarang laba-laba untuk baju anti peluru. Ini desain sarang laba-laba. Al Qur'an udah mewanti-wanti manusia untuk peka alam.