Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, December 18, 2008

"FreightBUS" Desain Futuristik Angkutan Perkotaan


Futuristik, sepertinya itulah yang menjadi tema yang diusung Hugh Frost. Keinginannya untuk menciptakan sebuah alat transportasi yang efisien, lantas memotivasi perusahaan ini untuk mendesain "FreightBUS" sebagai bus perkotaan masa depan yang dilengkapi dengan perangkat alami ramah lingkungan.

Frost yang hadir dengan konsepan angkutan perkotaannya kali ini muncul dengan desain sebuah bus yang dilengkapi dengan fitur-fitur futristik dan sistem terbaru. Seperti namanya, FreightBUS mampu menampung penumpangnya dalam jumlah yang banyak dan dapat mengurangi jumlah emisi gas buang. Dengan begitu, bus ini akan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan lalu lintas. FreightBUS juga sangat ramah lingkungan, karena dijalankan oleh mesin 2.0L LPG (Liquefied Petroluem Gas atau gas alam cair). Mesin bus ini memang mengandalkan baterai sebagai penggerak motor elektriknya, tapi tenang saja Frost menyatakan kalau konsepannya itu tidak memiliki emisi gas buang (zero-emissions).

Meskipun dihuni oleh motor elektrik berskala kecil, Namun bus ini memang memiliki kapasitas yang besar di dalamnya. Bayangkan, bus ini bisa mengangkut hampir 150 penumpang dengan 52 tempat duduk,dan kargo yang luas. Apalagi Frost juga mengklaim bahwa tenaga baterai yang dipakai itu dapat mengirit bahan bakar sarana transportasi ini hingga 50%.

Desain yang diikutsertakan di ajang City Looking for A New Bus Design oleh sang desainernya ini pun sangat efisien dalam waktu pengisian baterainya. Menurut Frost, baterai FreightBUS dapat terisi hingga 80% dalam waktu satu menit saja. Meskipun desain dari Hugh Frost tidak menang di ajang tersebut, tapi semoga saja ini bisa menjadi proyek transportasi masa depan di Inggris. Hugh pun berharap akan ada investor yang memperhatikan karyanya tersebut. [ry/timABT]

No comments: