Djarum Black Blog Competition Vol.2

Tuesday, January 6, 2009

Tips Berkendara Aman di Jalan Berpasir

Tiap medan jalan pasti punya karakternya masing-masing. Tidak terkecuali dengan jalan berpasir. Kita mungkin pernah berkendara melalui jalan yang satu ini ketika kita sedang berkeliling ke daerah yang ada pantainya. Tidak seperti berkendara di jalan beraspal, berkendara di jalan berpasir memang membutuhkan ketrampilan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda ketika sedang berkendara di jalan berpasir :

1. Pastikan kendaraan anda punya jarak body ke tanah (ground clearance) yang memungkinkan. Mobil yang punya ground clearance rendah (sedan atau mobil-mobil bertipe ceper) pasti akan susah untuk melalui jalan ini. Mobil yang bisa dikatakan aman untuk melintasi jalan berpasir biasanya punya jarak ground clearance yang bisa dilalui rata-rata ukuran orang dewasa dari bawahnya.
2. Langkah selanjutnya adalah kurangi sedikit tekanan udara pada ban mobil anda. Ban bertekanan rendah itu harus, karena memompa penuh ban akan membuat tekanan ke dalam pasir jadi jauh lebih besar yang bisa menyebabkan kendaraan akan terperosok ke dalam tanah. Akan lebih baik jika kamu memiliki 'stem remover' (sejenis pentil) dan 'air preassure gauge'(alat pengukur tekanan udara) di dalam mobil sebagai persiapan untuk mengeluarkan sedikit tekanan angin ban.
3. Terus konsentrasi dan pertahankan mobil tetap berjalan, usahakan jangan berhenti. Selain itu jangan tambah kecepatan mobil, sebaiknya berjalanlah stabil. Jika harus berbelok usahakan janganlah terlalu tajam biarkan agak sedikit melambung. Jika kamu berbelok terlalu tajam maka ban bagian depan akan menekan tanah lebih dalam yang mungkin membuat mobil akan terguling.
4. Ketika waktu berbelok anda diberbolehkan untuk berhenti dulu karena itu penting. Hanya ketika berhenti, tentu saja jangan menggunakan rem. Pengereman terlalu dalam bisa juga membuat mobil terperosok ke pasir.
5. Cobalah Jika mobil terperosok ke pasir usahakan langsung dikeluarkan karena hal tersebut bisa membakar ban mobil anda.
6. Usahakan kendaraan anda selalu berada lurus di jalan yang landai. Jangan coba-coba berkendara di sisi tebing atau banmu akan kehilangan traksi dan bisa membuat kendaraan terbalik. Jalanlah lurus, tapi jangan berkendara berlebihan diatas bukit jika tidak makja kamu akan melihat hal tersebut dari sisi lain.(mot/autoblackthrough.com)

No comments: