Djarum Black Blog Competition Vol.2

Monday, October 27, 2008

2006 Suzuki Swift Red Racing

Facelift atau yang kerap kita sebut ubah wajah saat ini rasanya telah jadi syarat mutlak dalam memodifikasi sebuah mobil. Sama halnya dengan yang dilakukan seorang bernama Bill terhadap Suzuki Swift miliknya. Mengusung kelir warna merah, mobil yang satu ini telah diubah total dari wajah standard menjadi lebih balap dan stylish. Ubahan menyeluruh baik dari sisi eksterior, interior, maupun dapur pacu memang membuat sang city car Jepang ini nampak makin sempurna.

Berbasis Suzuki Swift keluaran tahun 2006, tampilan desain awal standard sang mobil kompak ini pun telah sedikit banyak berubah. Eksteriornya sendiri telah dijejali perangkat bodykit lengkap. Pengaplikasiannya meliputi bumper depan dan belakang custom ala Suzuki Swift sport, penerapan side skirts, maupun penggunaan spoiler belakang yang sudah bergaya macho banget. Disamping ubahan bodykit, lampu besar depan pun sudah diganti bergaya mata malaikat (Angel Eyes) dengan HID H11 berdaya 8000K. Menilik ke belakang terlihat satu knalpot racing merk HKS terlihat padu melengkapi tampilan belakang mobil ini.

Ubahan lain pada sektor body ialah ubahan kap mesinnya mencontoh dari modifan kap mesin Suzuki sport berbahan karbon. Disamping sederet ubahan body diatas, Swift 2006 milik Bill ini juga sudah mengadopsi suspensi, ban dan velg custom. Untuk memberikan tampilan lebih ceper, Bill memodif ulir per mobilnya dengan yang lebih pendek keluaran H&R. Sedangkan untuk memperkokoh tampilan eksterior, sebagai penopangnya Bill memilih penggunaan velg racing ukuran 17 inchi keluaran AVUS AC-M01 dan untuk membalutnya dipilihlah ban keluaran NEXEN tipe N3000 205/40/17.

Masuk ke bagian interior, tidak terdapat ubahan gila-gilaan seperti pada eksteriornya. Ubahan pada sektor ini memang lebih banyak mengadopsi gaya minimalis. Perubahan yang dilakukan Bill terhadap interior mobilnya ialah hanya dengan mengganti head unit standard dengan head unit baru keluaran Panasonic. Meninggalkan interior sampailah kita di bagian dapur pacu.

Hampir sama dengan eksterior ubahan besar-besaran juga sudah dilakukan disini. Mesin standard yaitu mesin 1.5-liter DOHC Inline-4 VVT telah dicangkokkan dengan perangkat turbocharged. Alhasil tenaga yang dapat disemburkan mobil inipun jadi meningkaht pesat hingga 100 Hp. Untuk akselerasi dari 0 hingga 60 km/jam dapat dikunci hanya dalam waktu 10,5 detik dan dengan top speed menyentuh angka 125 mph. Tangguh juga kan....! [mot/autoblackthrough.com]

No comments: