Djarum Black Blog Competition Vol.2

Monday, October 20, 2008

Ferrari Monza Concept, sang "Kuda Jingkrak" Futuristik

Melihat sekilas, desain dan model kendaraan ini memang sangat unik. Tapi siapa yang menyangka kalau kendaraan futuristik ini digawangi oleh salah satu pabrikan otomotif ternama dunia, Ferrari. Mengusung nama Ferrari Monza Concept, kendaraan inipun diperkenalkan kepada khalayak otomotif dunia dengan desainnya yang lain daripada yang lain. Inspirasinya memadukan unsur dari beberapa part mobil, motor, pesawat aeromodeling dan unsur film animasi.

Dari segi eksterior, kendaraan berlogo kuda jingkrak ini tampil gagah dengan warna merah khas Ferrari pada seluruh bodynya. Kaki penopang terdiri dari 2 ban depan berukuran besar serta 2 ban kecil custom sebagai penyokong bagian belakang. Pengaplikasian keempat ban dengan model tersebut memang dilakukan demi mengejar segi aerodinamis. Referensi aerodinamitasnya sendiri sudah dipelajari dari pesawat tempur F16. Diakui Ferrari riset ini memerlukan waktu yang cukup lama dan pengamantan mendetail agar konsep awalnya yaitu "crazy fast concept cars" bisa terpenuhi.

Sang perancang, Iman Maghsoudi memang mendesain mobil ini hanya untuk satu orang penumpang. Tidak hanya unggul dari segi eksterior, mobil ini juga sudah dirancang mampu berlari dengan kecepatan rata-rata 125 mph. Perangkat sistem komputerisasi pun sudah diterapkan di bagian kabin untuk membantu pengemudi dalam mengendalikan sang Monza Concept. Dengan pengaplikasian perangkat ini sistem kemudi akan secara otomatis diambil alih apabila sewaktu-waktu sang pengendara kehilangan konsentrasi hingga tidak bisa mengendalikan mobil ini secara benar. [mot/autoblackthrough.com]


No comments: