Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, October 22, 2008

Tips Modifikasi

Indonesia terbilang mampu mencampur adukan berbagai macam aliran dan trend yang ada di dunia modifikasi seperti Japs Style yang cenderung mempunyai beberapa gaya seperti street look, touring ala JGTC-JDM (Japanese Grand Touring Car Championship-Japan Domestic Market), Drift Style, American Style (biasanya beraliran resto custom, hot rod, Californian Look dll), European Style (bergaya elegan dan berkelas) serta Australian Style (Lebih pada tampilan extreme yang biasanya dipadukan dengan unsur drag, street dan fashion).

Secara fashion, orang indonesia dengan cerdik dan pintar mampu menggabungkan gaya-gaya yang sudah mendunia terlebih dulu itu menjadi lebih "Indonesian Style". Sebagai review, sebut saja Mitsubishi "Deny" Kuda yang bergaya extreme yang menggabungkan unsur Jepang dan Amerika atau BMW "Dian Mobil" yang mampu meracik aura Amerika dengan bumbu Australian Style yang kental. Atau bahkan yang sempat menjadi bahan pembicaraan orang adalah Subaru Ballistic yang bergaya super extreme atau Nissan Silvia yang bergaya Drift.

Semua icon tadi jelas semakin memperjelas aura modifikasi yang kini tumbuh di Indonesia. Apabila dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu, jelas dunia modifikasi Indonesia telah maju sangat pesat dan mampu menjadi icon penting di kawasan Asia Pasifik. Namun sayangnya masih banyak orang yang masih salah kaprah dalam memodifikasi mobil mereka.

Tidak fokus akan ide awal yang menjadi "nyawa" dalam memodifikasi mobil biasanya menjadi pangkal permasalahan. Sebut saja mobil yang mengaku bergaya street elegant tiba-tiba menempatkan sebuah panel meter custom ala racing di tengah-tengah dasboard. Ini jelas salah kaprah. Niat ingin menambah point plus malahan minus yang didapat.

Yang terpenting adalah perjelas misi, style serta tema modifikasi yang ingin diangkat. Ingat, fokus adalah penting. Jangan hanya sekedar memperbanyak pernik modifikasi namun tidak tahu arah yang jelas. Banyak membaca buku dan majalah adalah cara jitu untuk mengembangkan wawasan serta daya khayal. Juga jangan lupa untuk rajin datang pada event-event modifikasi untuk sekedar tahu "lawan" yang akan dihadapi.

Selanjutnya adalah memasang target piala/kategori yang diinginkan serta cermat untuk memilih gaya/style bahkan mobil apa yang akan dibangun kelak. Ini penting untuk mengurangi daya saing dan memperbesar kesempatan untuk menang.[boy/HIN Magz]

No comments: