Djarum Black Blog Competition Vol.2

Saturday, October 18, 2008

Toyota Winglets, Transportasi Kompak Personal 2010

Bosan berkeliling rumah atau kantor dengan cara biasa. Well, mungkin alat yang satu ini bisa lebih memanjakan anda.Diumumkan awal bulan lalu, Winglets, robot pembantu transportasi personal berposisi berdiri hasil kreasi Toyota ini memang dibangun berbasis konsep popular terdahulu Segway yang memang belum tertandingi secara serius keberadaannya.

Winglets adalah sebuah alat transportasi kompak yang terdiri dari desain rangka tubuh yang merumahkan sebuah motor elektrik, dua roda dan sensor internal yang secara konstan memonitor posisi pengguna dan membuat penyesuaian tenaga untuk menjamin stabilitas.

Mekanisme paralel link yang unik, mengizinkan pengendara untuk maju, mundur dan berputar secara mudah dengan hanya memindahkan bobot tubuh ke arah yang diinginkan, membuat kendaraan ini aman dan sangat bermanfaat bahkan di lingkungan yang ramai dan padat.

Meski masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, namun tiga model yaitu "L", "M" dan "S" telah dibuat dan dikembangkan Toyota sejauh ini. Dimana masing-masing memiliki fitur handling yang berbeda dari yang praktis sampai ke yang lebih "sporty". Para desainer pun saat ini kabarnya sedang melakukan beragam uji coba teknis dan langsung terhadap konsumen untuk mendapatkan feedback atas kemungkinan peluncuran pasarnya di sekitar tahun 2010 nanti. [ayd/autoblackthrough.com]

No comments: