Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, October 30, 2008

Blancpain Super Trofeo, Seri Balap Dari Sang Mobil Super

Rasanya tidak berlebihan jika judul diatas disematkan kepada Lamborghini. Bagaimana tidak, pabrikan yang terkenal akan mobil-mobil bertenaga besarnya ini akan segera mengumumkan desain terbarunya khusus untuk seri balap Eropa. Yup inilah Lamborghini Blancpain Super Trofeo, mobil berbasis Lambo Gallardo LP 560-4 ini hadir dengan versi bobot ringannya plus sentuhan teknologi terbaru yang membuatnya nampak istimewa.

Secara keseluruhan desain Super Trefeo ini hadir dengan pengerjaan ulang bagian chasisnya yang secara signifikan mampu meringankan bobot mobil hingga 1300 kg. Untuk semburan tenaga, mobil ini diklaim mampu menyemburkan tenaga cukup besar hingga 540 hp (419 kW). Untuk fitur balap lain yang melengkapi mobil ini diantaranya sistem permanen penggerak keseluruhan roda (AWD) dan pengadopsian transmisi robotik 6 percepatan yang disebut E-Gear six-speed robotized transmission.

Sebagai penunjang, pada mobil ini dilengkapi pula sistem suspensi dengan 2 link roda di atas dan di bawah (double wishbone suspension system) disamping penggunaan ban balap keluaran Pirelli, sistem pengereman model racing, dan roll cage lengkap sebagai salah satu sarana pengamanan. Tidak hanya itu menilik bagian buritannya terdapat perangkat sayap belakang berbahan serat karbon dan penggunaan jok balap berbahan ultra ringan.

Secara keseluruhan, Lamborghini hanya akan membangun mobil ini sebanyak 30 buah. Kesemuanya terbagi rata untuk pengemudi profesional, para antusias, dan team dealer Lamborghini sendiri. Tak heran jika mobil plus paket parts racing SUper Trofeo ini membuat harga sang super car melambung tinggi sekitar €200,000 atau sekitar Rp 3,1 milyar. Dan walaupun kompetisi balap baru akan dimulai 3 Mei 2009 mendatang, kehadiran sang Super Trofeo ini diramalkan akan semakin memanaskan persaingan ajang balap mobil sports di ranah Eropa tersebut. (mot-source:autoblackthrough.com)

No comments: