Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, October 16, 2008

Camaro 1969, si Tua yang Bertenaga

Mobil yang satu ini memang tergolong lawas. Namun, melalui proses pembangunan selama 18 bulan, sang Camaro SS/RS 396 lansiran 1969 mampu kembali tampil bergaya. Dan tidak hanya sekedar tampilan semata, melalui beberapa upgrade komponen berkualitas, sang "old chevy" ini pun berhasil dibangkitkan kembali oleh sang empunya dengan performa pacu yang lebih mumpuni. Bahkan, untuk membuktikannya, cylinder asli mesin Camaro Chevrolet yang semula berukuran 502 itupun dibored-up hingga menjadi 540.

Lebih jauh ke detail pacu, Camaro ini juga didukung karbu Demon 850 yang dilengkapi dengan saringan udara kastem dan busi MSD berukuran 8.5 mm yang menghasilkan hantaran listrik yang sangat baik. Terlebih dengan adanya control box bersama rev limiter pada sistem pembakaran dari MSD serta penggunaan radiator alumunium. Pada bagian transmisi, Camaro ini dijalankan oleh Muncie M21 yang juga terkastem.

Menilik bagian luar, selain bagian samping yang dilubangi untuk knalpot dan beberapa bagian yang dihias pelat krom, bungkus kelir oranye yang terang di kulit luar, jelas membuat Camaro tua ini semakin "keladi". Untuk sektor kaki-kaki, aplikasi sistem Air Ride Technology yang juga dikendalikan dengan remote control pada bagian kokpit. Serta pemasangan Mickey Thompson tires yang dikawinkan dengan pelek berukuran 18x16 di bagian depan dan 20x16 untuk belakang, membuatnya tambah apik.

Di dalam, kabin Camaro 1969 ini sebagian besar justru mengadopsi generasi sebelumnya Camaro 1959 yang diantaranya terlengkapi dengan autometer, speedometer, tachometer dan panel-panel instrumen lain. Bagian jok dan beberapa panel pintu pun dilapisi bahan kulit yang didatangkan langsung dari Italia. [ry/autoblackthrough.com]

No comments: