Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, October 31, 2008

Spekulasi Kia Soul Baru, Tiga Pintu Dan Beratap Terbuka

Hadir menggantikan Kia Spectra5, kemunculan perdana Kia Soul concept di tahun 2006 benar-benar membuat dunia otomotif tersentak. Desain futuristik hatchback 5 pintu ini terbukti mampu membuat para kaum urban tergila-gila dibuatnya. Dan tak salah jika di tahun 2008 ini mereka mencoba tampil beda dengan desain barunya. Yup inilah Kia Soul baru dengan model tiga pintu dan atap terbukanya (convertible).

Sub kompak asal Korea Selatan ini memang mencoba tampil beda demi memuaskan hasrat para antusiasnya yang ingin mobil ini jauh lebih terbuka dan dinamis. Ubahan eksterior memang tampak mencolok pada desain terbaru mobil ini mulai dari variasi pilihan warna, versi atap terbuka model halus (soft-top convertible), dan ubahan bukaan pintu dari 5 pintu jadi 3 pintu. Untuk urusan bumper depan hingga buritannya, model baru Kia Soul ini masih mengadopsi tampilan Soul pada umumnya.

Tetap tampil dengan usungan mesin berkapasitas 1.6 liter baik untuk bensin maupun diesel, mobil diklaim mampu menyemburkan tenaga cukup besar. Untuk yang bensin, total semburan tenaganya bisa mencapai 126 Hp dan torsi 156 Nm pada putaran 4.200 rpm, sedang untuk varian dieselnya mampu menyemburkan tenaga hingga 126 hp dan torsi 255 Nm pada putaran 2.000 rpm. Menurut rencana, mobil ini akan segera meramaikan pasar otomotif Eropa Februari 2009 mendatang. Untuk seterusnya mobil ini juga akan dipasarkan di ranah Amerika Utara sekitar April 2009. Kemunculan Kia Soul tiga pintu beratap terbuka ini memang semakin menegaskan kalau mobil layak juga disebut sang "urban crossover". Salut buat Kia...! [mot/autoblackthrough]

No comments: