Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, January 9, 2009

Renault Megane R26R dengan Kaca Plastik?

Mengakali bobot tubuh kendaraan, ternyata tidak mesti menanggalkan perangkat body yang sudah ada. Bahan Polycarbonate (PC) ternyata bisa menjadi salah satu solusi ini. Renault pun memasangkan perangkat kaca berbahan plastik tersebut pada seri sportcar terbarunya. Penggunaan PC ini juga ternyata mampu menekan biaya produksi untuk kaca yang biasanya digunakan mobil-mobil pada umumnya.

Dalam acara peluncuran seri terbarunya yang bernama Megane R26R sports car, Renault menjelaskan bahwa produkannya itu juga dilengkapi dengan kaca plastik berbahan Polycarbonate (PC) yang dipasangkan pada sisi samping dan belakang mobil. Sebenarnya PC sudah banyak digunakan oleh para produsen mobil pada mobil-mobil konsepannya. Sebagai contoh adalah Honda, yang memasangkan PC di bagian belakang seri Civic versi Eropa-nya. Dan itupun digunakan dalam porsi yang lebih rendah.

Di Amerika Utara, PC sudah banyak digunakan oleh para produsen mobil. Contohnya adalah pada sistem panoramic yang terdapat pada Chevy Corvette. Bukannya apa-apa, krisis ekonomi global memang mempengaruhi sektor industri otomotif. Untuk itulah PC dirasa cukup membantu untuk menekan biaya produksi perusahaan. Mungkin untuk tahun-tahun berikutnya, anda akan banyak melihat mobil-mobil yang menggunakan kaca PC ini.

Dengan menggantinya dengan kaca PC, bobot tubuh Megane R26R sports car inipun menjadi berkurang sekitar 12,1 pound. Tidak dapat dipungkiri bahwa inovasi pada seri produksinya ini akan menjadi sebuah tantangan bagi Renault, apakah produkan mereka itu nantinya akan diterima oleh pangsa pasar otomotif dunia. Well, mestinya ini menjadi pertimbangan para konsumen yah... [ry/autoblackthrough.com]

No comments: