Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, January 23, 2009

Truk Terbaru Produksi Volvo FH16

Volvo kembali menunjukkan kiprahnya dalam dunia otomotif, hal ini ditandai dengan diluncurkannya truk pengangkut terbaru seri FH16, belum lama ini. Truk yang lebih sering kita dengar bernama kontainer tersebut hadir dengan tampilan serba hitam.

Berbeda dengan mesin generasi sebelumnya D16 yang hanya mampu menghasilkan tenaga 660HP. Namun dalam produksi terbarunya ini Volvo berhasil mengembangkan truk bermesin D16G dengan torsi 3,150 Nm (2,323 lbs.ft) yang mampu menghasilkan tenaga hingga 700HP. Menjadikan FH16 sebagai truk pabrikan asal Swedia tersebut paling bertenaga di dunia.

Secara hitungan, mesin D16G dengan torsi paling tinggi, tenaga yang dihasilkan bertambah 40HP dan membutuhkan sekitar 16 liter bahan bakar. Sisa pembakaran yang dihasilkan dari mesin D16G tergolong aman dan memenuhi standar emisi gas buang Euro 5,yang mulai diberlakukan pada 1 Oktober 2009 mendatang.

Direktur perusahaan truk Volvo, Staffan Jufors menyatakan, kehadiran truk Volvo FH16 memang direncanakan sebagai truk pengangkut barang dengan beban paling berat, dan paling bergengsi dikelasnya. Ini terbukti dari kemampuan tenaga yang dihasilkan mencapai 700HP, sehingga dapat digunakan dalam berbagai sektor industri.

Tidak hanya mesin D16G yang mampu menghasilkan tenaga 700HP, tetapi dengan spesifikasi mesin yang sama Volvo juga menyediakan berbagai pilihan tenaga mesin lainnya, seperti 600HP dan juga 540HP terbaru. Hal ini dimaksudkan guna memenuhi kebutuhan pelanggan.[nus/autoblackthrough.com]

2 comments:

Anonymous said...

kapan gua bisa beli yah..???

Anonymous said...

Hi bro... Salam kenal. Kebetulan baru join kompetisi blog djarum black. Lagi bingung cari inspirasi, tapi akhirnya dapet banyak inspirasi setelah berkunjung kesini.

Kalo bisa blogku dilink juga ya bro... :)