Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, March 27, 2009

Boarding Pass Via HP Merambah Eropa

Bagi pengguna fasilitas atau jasa bidang penerbangan tentu sudah menjadi keharusan untuk datang sekitar 90 menit sebelum jam keberangkatan. Mengingat lokasi bandar udara yang ada di wilayah Ibukota berada pada ujung kota Jakarta, belum lagi kondisi jalan macet yang tidak dapat ditebak. Sepertinya sudah menjadi pemandangan biasa bagi anda untuk datang lebih awal guna mengejar waktu sebelum take off.

Kemudahan layanan boarding pass tanpa harus datang lebih awal ke bandara, sangatlah didambakan bagi setiap pengguna jasa penerbangan. Seperti yang telah dilakukan di Eropa, untuk boarding pass sudah dapat dilakukan secara elektronik via SMS, MMS maupun email di ponsel/ PDA para pelanggan. Cara baru ini juga memiliki fungsi sama dengan boarding pass secara konvensional bahkan hingga ke bar code yang terdapat pada kertas yang biasa kita terima.

Cara baru ini telah melalui proses uji coba selama enam bulan, maskapai penerbangan Air France dan KLM sudah mulai mencoba layanan baru ini kepada pelanggannya. Berkaitan dengan peraturan untuk mematikan handphone selama penerbangan, maka saat hendak masuk ke pesawat segala informasi yang terdapat dalam ponsel kita dapat diproses lagi dengan cara memindahkan bar code yang kita terima via SMS, MMS, Email, melalui scanner.

Dengan demikian handphone tetap dapat dimatikan sehingga tidak mengganggu sistem navigasi pesawat saat penerbangan. Dan kita tidak perlu lagi tergesa-gesa hanya untuk boarding pass serta memiliki waktu lebih banyak ketimbang harus menunggu lama di bandara untuk satu kali penerbangan. [nus]

No comments: