Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, March 19, 2009

Tips Hindari Skidding

Skidding adalah kejadian ketika mobil meluncur dan tidak bisa dikendalikan. Hal ini disebabkan karena ketiadaan sistem traksi saat anda menyetir. Ketika mobil mengalami skidding, hal yang kemungkinan timbul kecelakaan, cidera, kerugian, dan lebih parah lagi akan menyebabkan kematian. Meskipun begitu, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari mobil dari kejavdian fatal diatas. Berikut adalah tips yang perlu anda perhatikan :

1. Apabila anda belum mempunyai mobil, maka belilah mobil yang dilengkapi sistem keamanan Anti-lock Brake System (ABS) dan traction system. Sekarang ini, sistem tersebut sudah menjadi standarisasi pada kebanyakan mobil-mobil baru. Apabila mobil anda tidak dilengkapi sistem ABS, maka untuk menghindari skidding anda harus menginjak rem secara hati-hati agar roda tidak terkunci. Jika anda merasa kehilangan kendali, cobalah lepaskan pijakan rem anda secara perlahan-lahan.

2. Tahap selanjutnya, anda juga harus memperhatikan cuaca. Terutama pada saat hujan, anda harus berhati-hati dan perlahan pada saat mengendarai mobil. Ini sangat penting untuk menghindari kejadian skidding. Terlebih hujan berlangsung dalam waktu yang lama. Jalan akan sangat licin, karena biasanya oli dan minyak gemuk ikut membasahi jalanan. Apabila kondisi menjadi lebih buruk, maka anda harus mencari tempat pemberhentian yang aman sampai cuaca membaik.

3. Anda pun harus memperhatikan kondisi ban. Baik itu dari jenis dan tekanan udara. Apabila ban mobil anda sudah rata atau tipis dan tekanan udara yang terlalu besar, maka anda berpotensi mengalami skidding.

4. Kurangi kecepatan mobil ketika berbelok untuk mencegah terjadinya skidding. Silahkan menambah kecepatan kembali ke normal secara perlahan ketika sudah setengah jalan melewati tikungan. Jika tiba-tiba mobil dirasakan mulai mengalami skidding, kurangi kecepatan mobil, usahakan jangan menginjak rem karena hal ini justru akan memicu terjadinya skidding.

5. Apabila anda sedang mengalami kejadian skidding, anda harus tetap tenang. Anda hanya perlu meningkatkan kecepatan mobil dan tetap mengendalikan mobil agar tetap stabil. Terakhir, jika dalam waktu yang mendadak anda mengalami skidding, cobalah untuk tidak menggunakan rem. Karena akan membuat mobil anda skidding. [autoblackthrough.com]

No comments: