Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, March 18, 2009

Robot Model Ancam Mata Pencaharian Manusia

Kecanggihan teknologi diberbagai bidang kehidupan saat ini merupakan satu hal yang patut dibanggakan ataukah patut diwaspadai? Pasalnya, seiring dengan kelahiran robot pekerja pengganti tenaga manusia, dapat dikatakan satu keberhasilan bagi sebagian orang. Namun pula bisa menjadi bumerang bagi masyarakat (tenaga pekerja) yang menggantungkan hidup melalui tenaga yang dieksploitasikannya.

Penemuan terkini telah diciptakan oleh Japan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST). Robot yang dinamakan HRP-4C tersebut memiliki fungsi yang dapat menggantikan peran seorang model dalam sebuah peragaan busana yang mampu berjalan dan bergaya layaknya seorang model diatas catwalk. Serta dibuat dengan tinggi 158 cm dan berat 43 kg.

HRP-4C beroperasi dengan tiga puluh motor didalam tubuhnya, berfungsi untuk mengendalikan semua gerak dan sebagai kontrol ketika sang robot model tersebut sedang melakukan aktifitas. Sementara itu guna memberikan ekspresi pada wajahnya dilengkapi dengan delapan motor penggerak yang berfungsi untuk menunjukkan raut muka marah, kaget, dan tersenyum. Meskipun telah mampu menggantikan peran manusia, tetapi HRP-4C tetap mempunyai keterbatasan dalam soal keluwesan bergerak.[nus]

1 comment:

cyperus said...

memang yang namanya teknologi selalu punya dampak yang positip dan negatip..

lagi2 harus sesuai kebutuhan.. bagaimana memakai teknologi itu..

Kalau saja di Indonesia digalakkan robot ituu... hmmm dijamin, bakal mekin banyak menusia pengangguran..