Djarum Black Blog Competition Vol.2

Monday, February 9, 2009

Ganti Sendiri Busi Mobilmu

Jangan remehkan fungsi parts mungil yang satu ini. Yup...tak salah jika anda menyebut busi sebagai jawabannya. Jadi unsur penting pada mesin, kinerja parts ini sedikit banyak mampu memberikan informasi sejauhmana pengapian mobil bekerja optimal. Busi yang sudah tua atau lemah biasanya jadi indikasi mengapa mobil sulit distarter atau jadi tak bertenaga saat di kendarai.

Hal negatif lain menyangkut kinerja busi yang terlalu tua ialah meningkatnya konsumsi bahan bakar yang diasup mobil. Kalau sudah begini kita harus tahu kapan saatnya mengganti busi lama kita. Untuk mobil baru yang memiliki platina, penggantian busi bisa dilakukan setiap 60 ribu mil atau sekitar 96 ribu km. Sedangkan untuk mobil lama sebaiknya ganti dilakukan setiap 15 ribu mil atau 24 ribu km.

Sebagai informasi, kita dapat menilai kondisi pengapkian, lewat warna pada ujung insulator busi itu sendiri. Masih baik jika ujung insulator dan elektrode busi berwarna abu-abu terang atau coklat kemerah-merahan. Lekas periksa stelan atau injeksi, mekanisme cuk, saringan udara, atau jika perlu ganti busi yang sesuai, apabila elektrode dan busi tertutup dengan jelaga hitam. Indikasi yang terakhir ialah bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air, apabila ujung insulatornya tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang muncul warna hijau agak basah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengganti busi :
* Parkir mobil di daerah yang rata dan pastikan mesin sudah dalam kondisi mati
* Jika mobil baru dipakai, tunggulah kurang lebih dua jam untuk memastikan mesin sudah benar-benar dingin.
* Untuuk mencegah keruskan yang lebih parah, sebaiknya lepaslah aki mobil anda.

Tahapan-tahapannya :
1. Bersihkan bagian dari busi dengan menggunakan blower. Membersihkan kerak dengan menggunakan hembusan udara sangatlah penting sehingga saat busi dicabut tak ada yang jatuh ke dalam silinder.
2. Copotlah kawat busi dengan memutar tutup karetnya sambil menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi, karena hal itu bisa merusaknya. Lepaslah busi dari socket-nya dengan memutarnya.
3. Sebagai perhatian...Hati-hati, jangan menjatuhkan apapun ke atas silinder mesin, piston atau head. Kerusakan serius pada silinder atau head akan terjadi jika ada benda asing yang menempel padanya.
4. Sebaiknya busi baru yang akan dipasang sudah tersedia lebih dulu sesuai spesifikasi pabrikan kemudian Pasanglah tiap busi di atas masing-masing silinder mesin. [mot/autoblackthrough.com]

No comments: