Djarum Black Blog Competition Vol.2

Tuesday, February 3, 2009

Kiprah Alfa Romeo 159 Di Geneva

Alfa Romeo terus melangkah pasti guna menunjukkan eksistensinya dalam kancah otomotif dunia. Hal tersebut akan ditunjukkan dengan meluncurnya dua mobil baru varian 159, Maret mendatang, di Geneva Show. Dua mobil tersebut berbeda jenis yakni sedan dan sportwagon atau sama saja dengan kategori sedan tanpa bagasi belakang.

Lebih kecil dari versi sebelumnya MiTo tipe hatch (city car tanpa bagasi belakang) yang dilansir dengan power mesin 240 HP, Alfa Romeo 159 ini keduanya hanya mempunyai tenaga mesin sebesar 200 Horse Power. Namun keduanya memiliki kesamaan spesifikasi pada mesinnya, sama-sama mengusung mesin bensin 1.8-liter Di Turbo Jet. Tersedia dua pilihan tipe sistem transmisi yang diterapkan di kedua mobil tersebut. Ada transmisi gearbox manual dengan enam percepatan dan satunya transmisi otomatis dengan enam percepatan yang berpindah secara berurutan.

Menyangkut masalah tenaga mesin, pabrikan asal Itali ini terkenal berani memproduksi mobil bertenaga besar. Dibandingkan dengan rivalnya, seperti BMW 3-Series yang bermesin sama yaitu 1.8-liter hanya dipasok tenaga 140 Horse Power, kemudian tipe mesin yang lebih besar 1.9-liter hanya 160 Horse Power, dengan demikian Alfa Romeo masih tetap unggul.

Interior memiliki rancang bangun yang sama, tetap megedepankan konsep elegan dilengkapi oleh fitur-fitur yang dapat dengan mudah dioperasikan. Speedometer didesain agar mudah dibaca oleh pengemudi, selain itu terdapat audio system standar pabrik yang cukup lumayan dilengkapi dengan layar LCD pada head unit-nya.[nus/autoblackthrough.com]

No comments: