Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, February 18, 2009

Tips Meningkatkan Kecepatan Mobil

Memiliki sebuah mobil nyatanya tidaklah membuat hati para sang empunya puas. Seperti kita tahu, banyak diantara para antusias pemilik kendaraan roda empat yang begitu terobsesi hingga rela melakukan apapun agar performa mesin standardnya jadi lebih mumpuni. Dan sekarang demi memuaskan keinginan para 'speed goers' tersebut, secara khusus kami berikan beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika anda ingin meningkatkan kecepatan mobil.

1. Engine swap. Ini adalah cara termudah yang bisa anda lakukan ketika anda tak lagi puas akan performa mesin asli mobil anda. Dengan engine swap anda hanya perlu mengganti mesin asli mobil anda dengan mesin mobil lain yang punya semburan tenaga lebih besar.

2. Hal kedua yang harus anda pahami ialah peningkatan kecepatan erat sekali kaitannya dengan perubahan mesin. Jika butuh kecepatan lebih, anda harus rela mengorbankan mesin standard mobil anda untuk diupgrade ulang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana batas kecepatan maksimum (top speed) yang anda inginkan karena toh mesin standard sudah tidak lagi memuaskan hasrat 'ngebut' di hati anda.

3. Berbicara tentang perubahan mesin, mau tidak mau anda akan bersentuhan langsung dengan modifikasi. Sama halnya dengan modifikasi tenaga kuda (hp), modifikasi kecepatan yang bisa anda lakukan ialah ubahan intake udara bertekanan tinggi, penggunaan knalpot model racing (balap), seting ulang sistem ECU (otak dari mesin), serta cangkokan force induction seperti turbocharger atau supercharged.

4. Langkah lain yang dapat dilakukan ialah menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Penggunaan bahan bakar tipe ini secara langsung dapat meningkatkan efisiensi kerja mesin hingga lebih powerfull dan mobil mampu berlari dengan lebih kencang lagi. Penting diperhatikan kalau peningkatan kecepatan erat sekali hubungannya dengan konsumsi bahan bakar. Makin tinggi kecepatan mobil anda, makin banyak pula bahan bakar yang harus anda habiskan saat berkendara. Dan tentu saja akan semakin menguras isi kantong anda

5. Lepas dari semua itu tetaplah berkendara dengan aman. Hindari resiko seminimal mungkin di jalan karena berkendara dalam kondisi kecepatan tinggi banyak yang berujung pada kecelakaan lalu lintas. Ada sarana yang lebih baik daripada anda harus kebut-kebutan jalan raya. Cobalah terjun ke dunia balap mobil, siapa tahu anda berprestasi disana. (mot/autoblackthrough.com)

No comments: