Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, September 3, 2009

Fiat Grande Punto Berubah Nama Jadi Punto Evo

Fiat Grande Punto berganti nama menjadi Punto Evo, penggantian nama ini melambangkan sebuah tingkat teknologi baru, dengan desain yang dipadukan dalam satu kenyamanan berkendara dan juga mengarah pada kendaraan ramah lingkungan. Hal tersbutlah yang mendasari perubahan nama baru mobil hatchback tersebut. Frankfurt Motor Show menjadi saksi dari peluncuran perdananya. Punto Evo dihadirkan untuk mengulang kesuksesan pendahulunya, kemudian menjadi pembuka jalan untuk sebuah inovasi yang terus berkembang dan dilengkapi beragam fitur canggih didalamnya.

Keunggulan utama yang ditawarkan berupa pilihan mesin dengan standar Euro 5 yang tersedia dalam mesin generasi kedua yakni 1,3 diesel multijet serta mesin bensin 1,4 dengan penambahan teknologi berupa MultiAIR revolusioner. Kelebihan teknologi MultiAir bila dibandingkan dengan mesin bensin konvensional, terletak pada daya tenaga yang diproduksi mampu terdongkrak hingga 10 persen sedangkan torsi sebesar 15 persen, meskipun kapasitas mesinnya sama. Sementara itu kada emisi gas buang yang dihasilkan pun juga lebih sedikit bahkan tergolong ramah lingkungan.

Pengembangan teknologi juga terjadi pada hal keselamatan berkendara, Punto Evo mempunyai standar baku keselamatan pengemudi dan juga penumpang, terbukti dengan adanya 7 airbag. Jadi bukan hanya memberikan perlindungan untuk wajah melainkan lutut pengendara pun juga mendapat perlakuan sama ketika terjadi kecelakaan. Melengkapi sistem keamanan pada piranti rem, Fiat mengandalkan sistem yang telah diuji coba yakni ABS, EBD (Electronic Brake force Distribution) dan dilengkapi pula oleh ESP (Electronic Stability Program) sistem.

Keunggulan selanjutnya terletak pada penampilan, dimana desain semakin dinamis dan bergaya berkat kerja keras dari Fiat Centrio Stile. Dapat dibuktikan dari tampialn bodi eksterior terdapat bumper berdesain baru yang ditonjolkan melalui garis-garis pada bumper dan juga lekuk bodi berkesan aerodinamis. Sedangkan berbicara soal interior, tentu penggarapan serius ditujukan guna mengekspresikan sebuah kesan khas Itali. Sisi elegan dibangun melalui kabin yang dipenuhi nuansa kulit fascia, serta paduan warna interior berkesan dinamis. [nus/autoblackthrough.com]

No comments: