Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, September 2, 2009

Kemunculan G-Power X5 Typhoon RS

Tidak semua tuner dapat menerima pesanan mengkastem mobil standard pabrikan dan membuatnya jauh lebih bertenaga. Kebanyakan dari mereka lebih serius menggarap eksterior dan interior mobil agar terlihat lebih menawan. Kembali dengan versi mobil yang sama, G-Power melansir model powerfull BMW X5 dengan sentuhan apik di setiap bagiannya. Didominasi warna putih pada wajah luarnya, mobil ini memang terlihat jauh lebih segar dibanding X5 standard keluaran pabrikannya. Dipadu dengan interior nyaman plus ubahan mesin fantastis jelas jadi alasan mengapa gaya modif mobil layak jadi pilihan.

Seperti kita tahu reputasi G-Power dalam merombak model SUV patut diacungi jempol. Lihat saja dengan apa yang dilakukannya bulan Maret lalu saat merilis X5 G-Power Typhoon dengan keluaran tenaga mencapai 386kW (525hp). Melihat hal tersebut, BMW yang bermarkas di Jerman lantas mengeluarkan varian baru X5 M yang tenaga standardnya konon sentuh di angka 408kW (555hp). Seolah tak mau kalah inilah wujud modifikasi maksimal G-Power lewat model G-Power X5 Typhoon RS dengan tenaga fenomenal hingga mencapai 460kW (625hp) dan torsi maksimum 700 Nm dari penyelesaian setting ulang mesin 4.8-liter V8.

Ubahan radikal yang dbilakukan pada mesin terlihat jelas dari pemakaian supercharger G-Power SK III RS. Tekanan yang terlontar dari pemasangan parts ini bahkan sampai 1.0 bar. Inti dari supercharger tersebut terdapat di satu sistem ASA yang telah banyak dipakai pada model Alpina B5S, B6S dan B7, serta model B6 GT3 racer. Hal ini terang saja membuat sang X5 mampu berakselerasi cepat dari 0 - 100 km/h hanya dalam waktu 4,5 detik. Untuk waktu tempuh dari 0 - 200 km/h (124mph) terbukti sanggup dikunci di angka 16 detik hingga akhirnya kecepatan maksimum mampu diraih di kisaran angka 285 km/h (177mph). Untuk transmisi dipilihlah transmisi otomatis 6 percepatan sementara gripnya datang dari sistem xDrive AWD.

Membedah kit yang menempel pada eksterior, kita akan disuguhkan satu sistem exhaust performa tinggi dari bahan baja yang kuat. Tak hanya itu tamba han lainnya dapat kita lihat mulai dari pemalaian katalis balap, muffler belakang, charge air cooling system volume besar pada bagian depan. Masuk ke bagian dalam disini G-Power memberikan beberapa sentuhan baru pada kabin mobil lewat beberapa aksesoris seperti desain speedometer ala Typhoon, dan lingkar kemudi balap. Setiap x5 G-Power Typhoon RS dapat dipesan secara langsung atau dapat didesain ulang dari model x5 (E70) yang sudah dimiliki pelanggannya. [mot/autoblackthrough.com]

No comments: