Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, March 13, 2009

Batere Charger Dalam Hitungan Detik

Sebuah teknologi terkini datang dari orang pintar alias profesor di MIT (Massachusetts Institute of Technology), Cambridge, Massachusetts, USA. Gerbrand Ceder telah berhasil menemukan sebuah batere lithium berteknologi tinggi melalui penelitian yang dilakukan, karya fantastisnya tersebut cukup membuat banyak orang tercengang, dan mengerutkan dahi. Pasalnya, batere lithium penemuannya berbeda dengan yang sudah ada, hanya dalam hitungan detik dapat terisi ulang (recharged) dan kembali menyimpan energi penuh.

Bentuk fisik batere lebih kecil dari pada umumnya, dengan sistem kerja yang ekstra cepat dalam menyerap ulang tenaga dari listrik yang dihubungkan pada selp-selnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 10-20 detik. Batere lithium tersebut mampu menyerap tenaga beratus-ratus kali lebih cepat dari pada kemampuan batere lithium biasa. Setelah terisi penuh, batere dapat kembali digunakan seperti biasa dengan daya tahan yang normal layaknya batere lithium pada umumnya.

Batere lithium ini berbahan dasar kimia yang cukup aman dan mudah ditemukan yakni iron phosphate, artinya dalam waktu dekat produk tersebut dapat segera diproduksi secara massal. Tidak hanya pabrikan handphone yang dapat merasakan keunggulan produk ini, tetapi juga bagi produsen laptop serta peralatan elektronik seperti Ipod, MP4, dan lainnya dapat merasakan juga manfaat dari penemuan mutakhir ini.[nus]

No comments: