Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, March 13, 2009

Gerakan Seluruh Roda Protoscar LAMPO

Sesuai dengan rencana, Protoscar LAMPO hadir pula mewarnai Geneva Motor Show. Berdiri bersampingan dengan stand mobil-mobil Kia, kehadiran mobil ini memang cukup mendapat perhatian. Tidak hanya karena mobil ini adalah mobil listrik, tapi juga karena desain unik eksterior yang ditampilkannya.

Diperkenalkan perdana bulan February yang lalu, kata 'lampo' sendiri dalam bahasa Italia berati cahaya. Sebagai kendaraan listrik, mobil ini mengklaim diri sebagai yang pertama berpenggerak empat roda (4WD). Total tenaga yang dihasilkan lewat perputaran seluruh rodanya juga sudah luar biasa menyentuh angka 268hp (200kW) dengan torsi berkisar di angka 440Nm.

Adapun jarak tempuh rata-rata ialah 200km (124 miles) jika kendaraan dalam kondisi habis diisi ulang penuh (fully-charged). Disuplai 2 baterai sistem ion lithium, mobul ini mampu beroperasi kurang lebih 12 jam dengan besaran normal baterai 240 volt. Kesemuanya terkombinasi apik dengan batas kecepatan maksimum yang mampu diraih berada di angka 280 km/h.

Dari sisi eksterior, tampang wajah LAMPO seluruhnya sudah terlihat begitu manis. Didesain tanpa atap, mobil coupe terlihat segar dalam baluran body biru muda. Memberikan tampilan berbeda, kedua roda belakang mobil ini didesain 'malu-malu' tertutup selubung khusus. Tongkrongan depan terlihat apik dengan perpaduan lampu LED dan grill unik layaknya senyum lebar Joker dari film Dark Kningt. So...tidak mengecewakan bukan....? [mot/autoblackthrough.com]

No comments: