Djarum Black Blog Competition Vol.2

Tuesday, March 3, 2009

Berkendara Malam Aman Tanpa Penerang Jalan

Berkendara di malam hari pastilah berbeda dengan siang hari. Kebanyakan para pengendara mobil mengakui kalau berkendara di malam hari memang membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Apalagi sewaktu berkendara di malam hari tersebut kita melalui jalan yang tidak dilengkapi lampu penerangan. Sedikit saja kehilangan konsentrasi, bahaya pasti akan selalu mengintai. Berikut adalah beberapa tips berkendara aman di malam hari di jalan yang tidak dilengkapi lampu penerangan:

1. Usahakan kaca depan dan jendela bersih baik dari dalam maupun luar. Hal ini akan sangat berguna disaat kondisi yang benar-benar gelap. Ketika lampu kendaraan depan tiba-tiba menyorot, kaca depan mobil yang kotor ini bisa membiaskan sinar yang mengakibatkan pandangan pengendara menjadi kabur untuk sementara waktu.

2. Bagi anda yang berkacamata atau memakai lensa kontak, pastikan bahwa ukuran kacamata ataupun lensa kontak yang anda gunakan sudah benar-benar tepat. Hal ini akan sangat berpengaruh pada saat berkendara malam karena disaat inilah pupil semakin membesar karena dipaksa bekerja lebih keras. Dampaknya ialah fokus pandangan mata akan menjadi bermasalah dan juga bisa membuat pandangan menjadi kabur. Hal ini akan sangat mengganggu apabila anda harus menempuh jarak jauh.

3. Berkendaralah dengan santai dan tenang atau jika perlu tarik nafas dalam-dalam untuk lebih merilekskan diri sewaktu menyetir. Jangan paksakan diri anda untuk terus menyetir jika kondisi badan anda benar-benar lelah. Kecemasan dan kelelahan yang berlebih dapat membuat konsentrasi mengemudi anda jadi berkurang, terlebih di saat melalui jalan yang benar-benar gelap. Ini benar-benar bisa membahayakan.

4. Gunakan lampu jauh jika tidak ada kendaraan lain di depan. Lampu jauh akan sangat berguna untuk menyorot lebih jelas kondisi jalan tanpa penerangan. Penggunaan lampu ini juga bisa sangat bermanfaat jika tiba-tiba ada binatang liar melintas di depan.

5. Lampu depan yang baik akan sangat begitu berguna apabila sewaktu-waktu anda melihat sesuatu di hadapan, kamu bisa berhenti. Kondisi lampu depan yang buruk akan semakin menyulitkan pandangan, dan sangat berbahaya jika tiba-tiba ada sesuatu atau seseorang yang melintas di depan, anda mungkin akan menabraknya.

6. Alihkan pandanganmu jika dari depan ada mobil yang menyorot menggunakan lampu jauh. Perhatikan sisi atau marka jalan di samping, karena itu akan akan sangat membantu mengontrol pandanganmu. Jika matamu sering melihat sorotan lampu jauh tersebut bukan tidak mungkin dalam beberapa saat pandanganmu akan hilang dan yang jelas bahaya lainnya akan semakin mengintai. [mot/autoblackthrough.com]

No comments: