Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, July 22, 2009

Dua Mesin Baru Peugeot 407 Coupe

Mengimbangi selera pasar dan mengikuti keinginan komsumen bagi sebuah automaker merupakan suatu hal yang wajib dilakukan demi menjaga stabilitas atau bahkan mungkin meningkatkan angka penjualan. Seperti yang dilakukan oleh Peugeot, pabrikan asal Perancis ini berusaha untuk memanjakan konsumennya dengan merilis dua varian mesin diesel terbaru untuk seri 407. Mesin spek terbaru tersebut yakni 3.0-liter V6 HDi dan telah memenuhi stabndar EURO V. Disamping itu juga mesin tersebut memiliki karakter yang hampir sama dengan Jaguar XF dan Citroen C6 tahun 2010 mendatang.

Mesin yang telah mendapat jatah pensiun yakni 2.7-liter, dan dengan mesin spesifikasi terbaru ini Peugeot 407 mampu bersaing dikelasnya dengan mengusung kapasitas produksi tenaga 241 bhp. Kemudian kemampuan lainnya berupa akselerasi maksimal dari 0-62 mph dalam waktu 7,7 detik. Terkait dengan performa akselerasi dan perpindahan kecepatan, Peugeot 407 ini menggunakan transmisi otomatis dengan enam percepatan. Kelebihan dari mesin generasi terbaru tersebut, terlihat pada kadar emisi gas buang yang menurun sehingga leih ramah lingkugan. Sebelumnya Peugeot mengeluarkan kadar emisi sebesar 225 g/km. Kini dengan mesin barunya hanya sekitar 189 g/km.

Sementara itu opsi mesin lainnya tersedia 2.0-litre HDi, terdapat perbedaan pada sistem transmisinya yakni manual dengan enam percepatan. Sedangkan mesin opsi kedua ini hanya mampu memproduksi tenaga 163 bhp. Namun dengan tenaga yang lebih kecil dari pada seri 3.0-liter, mesin bertenaga diesel ini menghasilkan emisi gas buangnya sekitar 140 g/km.

Berkaitan dengan harga jual yang terdapat di pasaran, pihak Peugeot mematok harga sebesar £27,000 katau sekitar Rp. 385 jutaan untuk tipe mesin 3.0-liter HDi GT spec. Sedangkan untuk tipe 2.0-liter HDi, dibanderol dengan harga £22,000 atau Rp. 314 jutaan. Sisi lain yang diberikan oleh pabrikan berupa variasi pada velg-nya dengan diameter 19 inchi serta silencer knalpot dobel yang terletak pada rear diffuser-nya, fitur tambahan ini hanya terdapat pada seti GT Spec.[nus/autoblackthrough.com]

No comments: