Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, May 13, 2009

Seat Ibiza Ecomotive Pecahkan Rekor Irit Bahan Bakar

Banyak faktor yang bisa jadi pemicu konsumsi bahan bakar kendaraan anda jadi berlebih. Hal tersebut bisa berasal dari mobil itu sendiri, pengendara, kondisi jalan, kecepatan, arus lalu-lintas, cuaca dan masih banyak hal lainnya. Diatas semuanya kebanggaan tersendiri berhasil direngkuh pabrikan Spanyol Seat lewat rekor irit bahan bakar yang berhasil ditorehkan Seat Ibiza Ecomotive.

Riset khusus memang sudah dilakukan sebelum perakitan mobil ini. Dipersenjatai mesin diesel berkapasitas 1.4-liter, mobil kreasi group Volkswagen ini sudah sanggup melaju dengan tenaga sebesar 80 Hp. Walau tenaganya tak terlalu besar nyatanya mobil ini sanggup melahap jarak 1.562 km dengan kondisi tangki terisi penuh kurang lebih 45,53 liter. Jadi catatan tersendiri karena angka tersebut bisa diartikan juga sang Ibiza Ecomotive mampu menempuh jarak 100 km hanya dengan 2,9 liter solar didalamnya.

Uji coba Seat Ibiza Ecomotive sendiri sudah menempatkan nama tester spesialis Gerhard Plattner dibalik kemudi mobil ini. Perjalanan yang dilakukannya dimulami dari Martorell, pinggir kota Barcelona melintasi seluruh daratan Spanyol dan Perancis untuk kemudian finish diperhentian akhir perjalanan di kota Saxony, Jerman. Untuk rata-rata kecepatannya sendiri, Plattner mengaku kalau ia rata-rata menekan gas dikisaran angka 110 km per jam.

Untuk desain eksterior dan interior sendiri nyaris tak ada perubahan berarti yang diperlihatkan varian Seat Ibiza Ecomotive dari versi standardnya. Namun ubahan dan racikan mesin yang irit bahan bakar ini makin menegaskan perhatian pabrikan asal negri Matadogr ini untuk lebih memperhatikan isu central yang berkembang saat ini...ya irit bahan bakar tadi. Yups salut buat Seat ! [mot/timABT]

No comments: