Djarum Black Blog Competition Vol.2

Monday, July 6, 2009

Arden MINI Cooper Equipe Produksi Terbatas Hanya 40 Unit

Mobil pabrikan asal British Motor Corporation (BMC) ini memiliki bentuk sangat lucu dan imut. Jika anda pernah menonton film Mr. Bean pasti anda pernah melihat mobil yang selalu digunakan dalam kegiatan sehari-harinya tipe yang digunakan saat itu tegolong edisi lama atau klasik. Namun baru-baru ini MINI Cooper kembali mengeluarkan tipe terbaru dengan sebutan Equipe, kendaraan mini tersebut hanya akan diproduksi 40 unit saja dengan peningkatan mesin dan model yang baru.

jika di lihat dari luar depan dan belakang mobil dihiasi dengan hand-stitched casings dan handcrafted stainless steel, chrome elemen, ditambah sebuah grill dengan desain baru, masih pada bagian luar, mobil ini di lengkapi velg 18 x 8 inch terbuat dari aluminum serta didesain multi jari-jari dengan berat 15 pon yang diletakkan pada setiap sudut. Penambahan lainnya yang dilakukan oleh tuner asal Inggris yakni merevisi mesin berikut peningkatan ECU serta adanya penambahan intercooler terbaru plus knalpot yang dibalut bahan stainless steel dengan sistem racing-type catalytic converters.

Masuk kebagian interior mobil dua pintu ini terlihhat model jok terdahulu tetap dipertahanklan oleh pihak pabrikan sebagai ciri khas Mini Cooper. Namun jika dilihat secara kgaris besar desain interiornya memang berbeda, kali ini Arden memberikan perhatian lebih pada lapisan kulit jok hingga terlihat sempurna dengan sentuhan dua nada warna yang berbeda begitu juga pada bagian dinding pintu yang dibumbui dengan dua warna berbeda agar sedikit menyatu dengan warna body mobil. Perhatian lebih juga ditujukan untuk dashboard hampir sama dibalut juga dengan kulit berkualitas serta perpaduan dua warna yang apik semakin memperlihatkan mobil ini ke arah mewah, steering wheel mengadopsi langsung asli pabrikan Mini, dan tidak ketinggalan pada bagian dashboard terdapat spedometer yang didisain berukuran cukup besar dan unik. Sedangkan pada pedal gas Arden memilih kustem, dan terakhir pada bagian karpet diberi sentuhan khas.

Sedangkan pada mesin Equipe menggunakan tenaga 40Hp dan torsi 36.-lb/ft atau 50Nm. Pembaharuan lainnya untuk Equipe berupa sport suspension, kendaraan ini terbilang rendah dengan ukuran tinggi sekitar 30mm atau 1.2-in dan memiliki performa tinggi pada sistem pengereman yaitu 6-piston pada rodanya. Dari penelusuran bagian dalam, luar dan bentuk kendaraan, mobil ini merupakan kendaraan yang sesuai untuk digunakan sehari-hari, dan cocok bila di gunakan untuk pribadi. Tetapi bila untuk kendaraan keluarga mobi ini tidak mumpuni karena bentuknya sangat mungil, dan mengenai harga jual, Arden belum menentukan banderol harga untuk Equipe.[san/autoblackthrough.com]