Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, July 23, 2009

Inovasi Hitachi Ciptakan Papan Tulis Elektronik

Proses kegiatan belajar mengajar dalam ruang kelas di sekolah sampai saat ini masih tertuju kepada papan tulis, dengan alat tulisnya berupa spidol ataupun kapur. Anda dapat bayangkan ketika papan tulis dengan menggunakan kapur maupun spidol berapa banyak yang dihabiskan dalam satu hari, terutama bila kita membicarakan dampak poluisyang ditimbulkan dari kedua benda tersebut. Contohnya, kapur tulis dengan membawa limbah debu yang berterbangan dan polusi yang ditimbulkan oleh spidol berupa bau yang menyengat.

Inovasi terbaru dari perusahaan elektronik yang bermarkas di Jepang, Hitachi menciptakan papan tulis elektronik dengan built in PC layaknya layar sentuh dilengkapi dengan fitur menarik. Sehingga dapat memudahkan para guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar, seperti dua kamera dengan komposisi piranti deteksi inframerah yang lensanya memiliki sudut lapang hingga 170 derajat.

Rencananya fasilitas papan tulis elektronik yang menggunakan sistem PX DUO ini akan ditempatkan di sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Jepang. Harga yang dibanderol oleh pihak pabrikan sekitar 700.000 Yen, tergolong harga yang pantas untuk menunjang kualitas pendidikan yang bermutu di Jepang sehingga kita dapat menghemat serta mengurangi dapat global warming. Hmmm..kapan sekolah di Indonesia bisa seperti itu ya?? [min]

1 comment:

genial said...

keren nii... terhindar dari polusi 'serbuk putih' (bukan yang haram lohh :p)... jadinya mirip seperti Wacom Tablet tuk gambar di komputer iia?!??!?
canggih canggih... pasang banner nya ahh :)
salam hangat :)