Djarum Black Blog Competition Vol.2

Monday, July 27, 2009

Mock Up 20 Karya Finalis BIA 2009

Perhelatan Black Innovations Awards (BIA) 2009 kembali memasuki babak baru. Melewati beberapa tahapan mulai dari pendaftaran, penyisihan 50 besar, penyaringan 20 finalis terpilih hingga presentasi, akhirnya event ini masuki tahapan mock up. Adapun tahapan ini adalah wujud apresiasi Pihak Djarum Black selaku sponsor utama dalam merepresentasikan 20 karya finalis agar bisa dilihat masyarakat luas. Hal ini dilakukan karena toh masyarakatlah yang nantinya akan menentukan 5 karya terinovatif sebagai jawara BIA 2009.

Menelusur langsung tempat pembuatan mock up, kita akan dibawa menuju utara Jakarta tepatnya di Jalan Sunter Jaya 2b RT 013/002 no.28. Disini semua proses mock up mulai dari pemilihan material dan perakitannya terjadi. Tak ketinggalan materi presentasi inovator ke 20 karya terpilih juga jadi masukan agar karya yang dibuat bisa sesuai dengan keinginan sang inovator. Penjelasan lebih jauh seperti diungkap Edy Sanjaya selaku ketua tim mock up, "Pada dasarnya kegiatan kita disini ya ngerjain 20 karya finalis Black Innovations Awards untuk dijadikan mock up atau dummy atau bentuk sempurna yang mendekati keinginaan para designernya".

Edy Sanjaya atau yang akrab disapa Edy Codot juga mengaku kalau waktu yang diberikan untuk mengerjakan 20 karya ini terbilang cukup. "Saya mulai pengerjaan disini dari tanggal 12 Juli sampai tanggal 2 Agustus itu semua sudah harus selesai," katanya menjelaskan. "Sejauh ini yang sudah kita kerjakan dan hampir sempurna itu ada 70 persen dan yang 30 persen itu ya tinggal finishing aja sedang kalau mengenai bentuk seluruhnya hampir rata-rata sudah dikerjakan," imbuhnya lagi mengenai sejauh mana progress yang dilakukan tim mock up.

Para personel dari tim ini memang dituntut punya jiwa kreatifitas hingga nantinya nilai estetis dan fungsi tiap karya bisa terpancar jelas. Adapun beberapa karya yang sudah jadi tersebut diantaranya ialah blind gaple, cankingz, chameleonix, EBI, Flexer, Future Clothes Steamer, IPPO, Jariman, Lovely Basin, Menara Banjir, Oleso, Plate-o-Plate, Portable laptop, Rabbit Finger, Templast Sampah dan Triwilly. Untuk U-Pack, Cubes12, Bagcamp dan Bodyfit bag, keempatnya masih dalam proses perakitan.

Seluruh proses mock up memang dikejar tepat waktu karena tanggal 4 Agustus mendatang 20 karya finalis ini akan dinilai dewan juri pada penjurian akhir tahap III. Lebih lanjut ke-20 finalis akan dipamerkan bersama di Cilandak Town Square (CITOS) tanggal 8 Agustus sekaligus jadi malam penganugrahan juara BIA 2009. So, buat anda yang penasaran silahkan datang langsung karena di sana juga akan dimeriahkan penampilan performer handal seperti dari band Ecoutez, The Sigit dan The Banery. Yups, we'll see....! [mot/blackinnovationawards.com]

No comments: