Djarum Black Blog Competition Vol.2

Saturday, November 22, 2008

Seri Truk Volkswagen Untuk Sebuah Kompetisi

Kejutan diberikan Volkswagen belum lama ini. Perusahaan asal Jerman itu akan memamerkan sebuah truk baja untuk ajang rally gurun pasir di event Los Angeles Auto Show yang akan berlangsung Minggu depan. Kendaraan terbaru yang diberi nama Baja Racing Touareg TDI Throphy Truck ini dibangun oleh mesin diesel bertenaga besar. Melalui dukungan dari VW dan Red Bull, truk ini diharapkan mampu berkompetisi di kelas Score Trophy Truck.

Sedikit keanehan terlihat ketika menilik pada bagian mesin si truk. Yap, Baja buatan Volkswagen ini akan dibangun dengan mesin TDI V12 5.5L. Hasil yang luar biasa terlihat pada tenaga yang dikeluarkan Baja yang mencapai 550hp (405kW), dengan totalan torsi sekitar 625lb-ft (850Nm). Dan sebagai tambahannya, mobil berbasis mid-engine yang dikendalikan dengan kendali roda belakang ini akan dilengakapi dengan gearbox sequential enam percepatan keluaran Xtrac.

Sesuai dengan namanya Baja Racing Touareg TDI Trophy Truck, mobil ini memang sedikit mengadopsi perangkat dari sang saudara VW Touareg SUV. Baja mendapatkan beberapa modifikasi untuk mendongkrak performanya. Mulai dari pencangkokan Dual Garrett TR 30 R turbochargers, suspensi double milik A-Arm di bagian depan yang dipadu dengan pelek berukuran 25 inci,suspensi belakang yang dilengkapi dengan empat link yang dipasangi pelek 30 inci, Serta pemberian shock ala Fox Racing, coilover Eibech dan ban off-road produkan BFGoodrich Baja KRT yang berukuran 37 inci.

Pada tahap pengerjaan desain dan produksi, Baja Racing ditangani oleh Arciero Miller Racing yang berlokasi di Foothill Ranch, California. Alhasil, kendaraan yang di desain untuk ajang rally inipun memiliki spesifikasi seperti berikut. Wheelbase 125 inci, panjang total 213 inci, lebar 92 inci, dan tinggi 78 inci. Total bobot yang dibawa oleh Baja adalah sekitar 2,5562 kg. [mot, source : ry/autoblackthrough.com]

No comments: