Djarum Black Blog Competition Vol.2

Saturday, November 8, 2008

Toyota Tunjukkan Titel Balap di Ajang SEMA

Di ajang SEMA yang baru dimulai pada tanggal 4 November lalu, Toyota menghadirkan sebuah sedan berpintu belakang (hatchback) dengan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jika melihat tampilannya, mobil ini mengingatkan kita pada sebuah mobil balap dengan yang memang populer pada tahun 1960-an. Terinspirasi dengan mobil balap "single seat" bernama Can-Am Group 7, Toyota pun menamai konsepannya ini dengan titel Toyota 7.

Yaris yang dikendalikan dengan roda depan ini dibuat dengan desain yang minimalis. Memang tidak jauh berbeda dengan mobil balap di tahun 60-an, Yaris yang berkategori sebagai mobil irit ini didesain dengan minimalis. Agar tidak menghilangkan esensi dari mobil balap lawas tersebut, mobil speedster ini juga dilengkapi dengan kokpit untuk satu orang dan memasangkan kaca depan yang kecil. Selain itu si Yaris juga diberikan perangkat roda yang ringan, disertai dengan striping khas dunia adu cepat.

Peningkatan performa pada sektor dapur pacu juga dilakukan oleh perusahaan asal "negeri sakura" ini. Mulai pada penggunaan supercharger yang diikuti dengan peningkatan kerja dari sistem saluran gas buang (exhaust)-nya. peningkatan ini dilakukan agar bisa memberikan buangan udara yang baik. Alhasil, catatan yang diperoleh dari Toyota 7 ini pun meningkat dengan dongkrakkan tenaga yang lebih besar sekitar 60 hp (45 kW) dari tenaga asal sang Yaris yang totalnya hanya mencapai 166 hp (124 kW). Well, ini menjadikan mobil kecil ini menjadi sangat agresif bukan ?

Melengkapi performa mesin yang baik, mobil hatchback ini pun dibuat lebih merunduk dengan penambahan sektor kaki-kaki apik. Pihak Toyota memasangkan suspensi dan coil-over berperforma terbaik, dan ditopang dengan penggunaan pelek 17x7.5 inci yang ringan. Ehm...mobil ini sepertinya memang belum bisa disamakan dengan sang Can-Am yang lawas itu. Namun melihat tongkrongannya yach, mirip lah... [ry/Source : www.autoblackthrough.com]

No comments: