Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, June 24, 2009

Teknik Berkendara di Pegunungan dengan Jalan yang Berkelok

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah pegunungan atau berbukit mungkin sudah terbiasa dengan kondisi jalan yang berkelok. Akan tetapi, ini menjadi masalah bagi mereka yang tinggal di daerah yang datar seperti Jakarta. Apalagi bagi mereka yang belum pernah berkendara ke daerah pegunungan dan berbukit. Maka andapun perlu mengetahui teknik-teknik mengendarainya. Berikut adalah yang perlu anda ketahui :

1. Sebelum anda pergi, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi mesin,sistem pengereman, transmisi,dan tekanan ban. semua itu harus dalam kondisi yang baik. Menurut para ahli, bagian ini adalah bagian yang gampang mengalami penurunan performa pada saat mengendarainya di daerah pegunungan dan bukit.

2. ketika menuruni bukit, sebaiknya anda memperlambat kendaraan anda. Dan membiarkan tuas berada di gigi rendah. Ini berguna untuk membuat rem anda tetap panas dan menggigit. Selain itu, dengan membiarkan tuas pada posisi rendah, maka ini juga membantu mesin dan transmisi mobil anda dalam keadaan dingin.

3. Anda juga harus menghindari memposisikan tuas kendali pada keadaan netral. Apalagi sampai mematikan mesin ketika menuruni jalan pegunungan yang sarat dengan tikungan tajam. Jika hal ini anda lakukan, maka akan mempengaruhi sistem kerja rem mobil anda. Dalam kondisi seperti itu, mobil anda tidak akan melakukan pengenreman dengan baik. Bahkan akan mobil akan kehilangan kontrol, dan menyebabkan kecelakaan.

4. Tahapan terakhir adalah anda harus tetap memperhatikan rambu-rambu lalulintas yang ada. Jalanan yang berkelok di pegunungan biasanya berbatasan langsung dengan ju7rang. Oleh karena itu, anda harus tetap fokus memperhatikan pagar pengaman dan garis jalan. Anada juga harus selalu berkonsentrasi terhadap jarak pandang anda, karena didaerah pegunungan seperti Puncak, sering turun kabut. Untuk itu, anda perlu menjaga jarak dengan kendaraan lain. Sebelum anda melewati tikungan, sebaiknya anda memberikan lampu, sebagai tanda untuk kendaraan yang berlawanan arah dengan mobil anda. [autoblackthrough.com]

No comments: