Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, April 24, 2009

Bertone Mantide Konsepnya Dari Corvette ZR1

Bagi yang belum tahu, Bertone adalah desainer mobil asal Italia yang terkenal akan karya besarnya seputar mobil-mobil kencang berdesain eksotik. Beberapa Karya terbaik mereka diantaranya ialah Alfa Romeo Carabo, Lancia Stratos Zero dan Lamborghini LP500 prototype. Kembali menegaskan eksistensinya, merekapun coba tampilkan desain terbaru berlabel Bertone Mantide yang konsepnya diadaptasi dari Corvette ZR1.

Tak lagi di Eropa ataupun Amerika, debut perdana mobil ini langsung hadir menyambangi benua Asia tepatnya di event Shanghai Auto Show, Cina. Mengusung warna merah metalik, semua prinsip yang harus dimiliki sedan sports sudah ada dimobil ini. Desain Mantide sendiri inspirasi awalnya mengambil konsep dasar pesawat dan mobil Formula One (F1). Desain radikal tercermin jelas dari wajah depan dengan guratan kap mesin kekar yang langsung menyatu dengan bumpernya.

Bergerak lurus dari kubah roda depan ke belakang, kita akan dihadapkan pada desainnya yang lebih tegas dan agresif termasuk tempelan intake udara layaknya jet tempur. Kabin penumpang sendiri nampak seperti sebuah kanopi yang unik. Secara keseluruhan semua rancangan body ini sanggup menorehkan catatan aerodinamitas yang hebat dengan peningkatan down force mencapai 30 %. Hal secara tak langsung ditopang oleh penggunaan panel body berbahan serat karbon dan velg hitam berbahan ringan.

Untuk interior, panel yang terdapat dalam kabin juga sudah begitu futuristik. Termasuk didalamnya ialah pemakaian jok racing serta sabuk pengaman empat titik berikut roll cagce yang sesuai standard FIA. Mengusung mesin supercharged LS9, mobil ini diklaim sanggup menyemburkan tenaga besar hingga 638 Hp. Performa sendiri makin meningkat ditandai dengan catatan waktu untuk 0-62 mph hanya dalam waktu 3,2 detik. Menutup semua catatan manisnya mobil ini mampu bergerak hingga batas kecepatan maksimum 351 km/h (217 mph). [mot/autoblackthrough.com]

No comments: