Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, April 3, 2009

Posisi Kaki dan Tumit Saat Menurunkan Perseneling

Sepertinya banyak orang yang belum tahu mengenai posisi kaki dan tumit yang baik pada saat berkendara. Bagi anda pemilik mobil, posisi kaki dan tumit yang baik sangat diperlukan agar si pengendara tidak bingung ketika sedang mengendarai mobil.Ini hanya berlaku pada mobil dengan transmisi manual.Letak pedal gas dan rem yang bersebelahan,terkadang membuat si pengendara bingung. Apalagi ketika berada dalam keadaan jalan yang menanjak dan macet.Posisi tumit dan jari kaki yang tepat sangat penting untuk kenyaman pengendara.Pada dasarnya,teknik ini dipakai oleh para pembalap untuk mengefiesiensi waktu saat perpindahan perseneling yang berhunbungan dengan gas dan rem.Anda juga bisa mempraktekkannya pada mobil anda sendiri.Selain itu,teknik ini juga berguna bagi anda yang baru belajar mengendarai mobil.

Berikut adalah teknik-teknik mengenai posisi kaki dan tumit ketika menurunkan gigi :
Hal pertama yang harus anda pahami adalah mengenai posisi kaki kanan anda pada pedal gas dan rem.

Tahap 1 : Posisi kaki kanan mengikuti pedal rem yang berada di sebelah kanan.

Tahap 2 : Untuk menekan kopeling, gunakan kaki kiri anda.

Tahap 3 : Selagi anda menginjak rem, setelah itu gerakan tumit kaki kanan anda untuk mencapai pedal gas.Ini dilakukan untuk menjaga kecepatan kendaraan anda.

Tahap 4 : tahap selanjutnya adalah diikuti dengan menggerakkan tuas perseneling ke gigi yang lebih rendah.

Tahap 5 : Lepaskan pedal kopeling. Apabila anda masih melakukan pengereman, anda bisa melakukan tahap 2-5 untuk menurunkan gigi hingga pada posisi yang benar. [autoblackthrough.com]

No comments: