Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, April 16, 2009

Satu Kota Menanti Matahari Setiap Hari

Setiap manusia rasanya tak bisa lepas dari pengaruh sinar matahari, kita pasti membutuhkannya untuk penunjang segala aktifitas kehidupan. Tidak pernah terbayangkan apabila matahari tak mau menampakkan sinarnya lagi. Seperti salah satu kota, Babcock Ranch, di Florida sangat bergantung pada sinar matahari karena tenaga listrik yang diasup memang mengandalkan sinar matahari langsung sebagai suplai tenaganya.

Kota tersebut merupakan kota yang memiliki konsep konstruksi termahal yakni $ 300 juta untuk membangun pembangkit listrik berdaya 75 megawatt demi memenuhi kebutuhan listrik seluruh kota yang memiliki luas mencapai 68,7 km persegi. Sedangkan bila masyarakat ingin membangun rumah di wilayah kota tersebut diwajibkan untuk menganut desain rumah pintar, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam pemakaian energi.

Babcock Ranch, sebuah kota yang mulai dibangun sejak akhir tahun 2009 dan dipenuhi sekitar 19.500 rumah berikut lokasi-lokasi komersil seluas 557.418 m2, diantaranya terdapat stasiun pengisian listrik layaknya SPBU bagi kendaraan yang mengandalkan lisatrik sebagai sumber energinya.

Sebuah perencanaan yang memang baik dan sangat mengagumkan. Bisa kita bayangkan dengan hal mencanangkan hal tersebut, berarti kita telah membantuy menyelamatkan bumi, dalam hal ini mengurangi konsumsi pemakaian minyak bumi, dan yang pasti mengurangi tingkat polusi udara. Tetapi untuk mewujudkan rumah dengan konsep kota semacam ini tetap membutuhkan biaya yang sangat mahal, walaupun pada akhirnya mampu menghemat pengeluaran anda. Hayo, kapan nih Indonesia bisa melakukan hal yang sama seperti di Florida?[nus]

2 comments:

pandi merdeka said...

hayooo kapannn ..... :P

mau tau juga dong.. konsep rumah pintarnya.. ^_^ menarik kayaknya.

eful said...

Luar biasa bgt...
Coba kalo seluruh dunia kayak gini yah... Ya sebage pencegahan Global Warming jg..

Tukar link yawh..