Penampilan yang sudah mendukung dari All New Honda Jazz masih terasa kurang bila hanya mengandalkan performa dari pabrikan. Konsumen setia alias pecinta fanatik Jazz biasanya terpacu untuk merubah mobil andalanya dari segi mesin hingga tongkrongannya.
Modifikasi tersebut lebih bertujuan sebagai peningkatan kualitas tampilan agar lebih maksimal dalam aksi harian atau modif jalanan. Menurut Dalvin dari CK Motorsport, menjelaskan bahwa kebanyakan dari pelanggan pemilik All New Jazz di workshop-nya lebih memfokuskan performa harian pada mobil mereka yang terbagi dalam tiga point, diantaranya mesin, suspensi, dan perangkat rem. Berikut masukan yang diberikan bagi pemilik All New Honda Jazz yang ingin menjadikan mobil lebih mempunyai performa :
1. Untuk modifikasi mesin lebih mengutamakan perubahan dari exhaust system full set. Racikannya dapat dimulai dari manifold, pipa depan, pipa tengah hingga ke mufler. Lebih lanjut Dalvin menambahkan, "filter udara serta intake sistem juga perlu mendapat perhatian dan sentuhan korekan". Tujuan semua ini dilakukan agar dapat ditemukan performa dari dapur pacu yang benar-benar pas sehingga dapat meningkatkan tenaga mesin. Disarankan agar perubahan spek pada mesin tidak merubah kondisi asli dari pabrik, tetapi mengandalkan spare part racing sehingga kualitas asli dari mesin standar dapat tetap dipertahankan bila sewaktu-waktu diinginkan.
2. Langkah kedua yang biasanya dilakukan ialah merubah suspensi menjadi lebih baik agar dapat menunjang handling mobil saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk perubahan suspensi dasar biasanya hanya mengganti per standar dengan per aksesoris yang mempunyai kemampuan lebih dari pada aslinya. Bial masih dirasa kurang, maka anda dapat melanjutkan lagi dengan pemakaian strut bar, under brace.
Sementara itu bila dengan kedua hal diatas masih dirasa kurang puas, maka disarankan untuk mengganti suspension kit secara keseluruhan dengan sistem adjustable. Perangkat suspensi tersebut memungkinkan anda untuk mengatur keras lembutnya perangkat peredam kejut tersebut. Spesifikasi ajustable tersa manfaatnya bagi anda yang memiliki hobi memacu All New Jazz dalam lintasan sirkuit.
3. Perangkat penting yang juga harus dilirik oleh sang mekanik atau modifikator selanjutnya yakni perangkat penahan laju roda alias rem. Menurut Dalvin, "langkah pertama yang perlu dilakukan dalam peningkatan performa rem yaitu penggantian kampas rem dengan selang rem", ujarnya. Penggantian tidak harus meliputi kaliper besar secara keseluruhan, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk itu cukup besar. Tetapi bila mengedepankan fungsi utama dari rem tersebut, cukup hanya dengan penggantian kampas serta selang rem. Penggantian kapas rem pun juga harus melihat titik panasnya agar kinerjanya tidak terhalang oleh suhu yang melewati batas ketika mobil berjalan. Normalnya kampas rem mampu menahan hawa panas (titik panas) dari 0-200 derajat, bila untuk kebutuhan advance cukup mengandalkan kampas yang berkekuatan 0-500 derajat, setingkat lebih tinggi yakni 0-700 derajat.
Selang rem juga perlu mendapat peninjauan, melihat selang rem asli terbuat dari bahan karet maka bila sudah melewati batas normal pemakaian dapat memuai karena panas. Menyikapi hal tersebut anda dapat menggantinya dengan selan rem yang memiliki ketahanan lebih baik dan pilihlah selang rem yang terbuat dari teflon sehingga lebih kuat untuk menahan panas. Dengan demikian presure yang dihasilkan dari pedal rem saat pengereman tetap memberikan daya dorong yang kuat. [nus/autoblackthrough.com, Source : Dalvin / CK Motorsport, Jl. Panjang No. 7 Arteri Kedoya Raya Jakarta]
No comments:
Post a Comment