Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, April 30, 2009

Tips Hindari Water Hummer Toyota Vios

Segala keistimewaan sudah tercakup dalam wujud sedan apik berlabel Toyota Vios. Tak hanya body yang 'eye catchy', generasi Vios terbaru sudah mengusung throttle by wire yang tidak memakai kabel gas, melainkan sensor yang membuatnya irit konsumsi bahan bakar. Aslinya sedan kecil ini adalah buatan Toyota Motor Thailand untuk pasar Asia Tenggara. Generasi pertamanya di Indonesia sudah hadir sejak tahun 2003 dan kebanyakan mengusung mesin tipe 1NZ-FE.

Untuk perawatan, anda tak perlu ragu soal ketangguhan mesin mobil yang terbilang 'bandel' ini. Namun untuk diperhatikan mobil ini rentan terkena 'water hummer' yang kalau diartikan singkat adalah suatu kondisi ketika Steam pertama kali masuk ke jalur pipa dimana didalam pipa masih tersisa air, sehingga steam akhirnya tertahan oleh air dan jika diabaikan dampaknya akan membuat mesin jebol.

Pemicu water hummer Vios bisa datang dari berbagai hal. Untuk itulah tim www.autoblackthrough.com menemui langsung Rizky Baskoro ketua Toyota Soluna Vios Community (TSVC) untuk menguraikan langsung beberapa hal seputar tips menghindari water hummer pada Toyota Vios. Berikut adalah tipsnya :

1. Dikarenakan letak air filter pada Vios dekat dengan bumper depan khususnya sebelah kiri sangat tidak disarankan penggunaan filter racing atau open filter pada Toyota Vios. Hal ini toh akan menyebabkan masuknya air melewati bumper depan yang memicu terjadinya ledakan pada ruang pembakaran dikerenakan air masuk ke dalamnya.
2. Tidak hanya itu, dikarenakan juga mesin Vios tidak bisa di over size maka sangat riskan sekali penggunaan open filter racing ini pada pemakaian sehari-hari.
3. Jadi apabila ingin memodifikasi cukup menggunakan air filter replacement atau air filter yang diganti dalam kotak box standardnya jadi cukup saringannya saja yang diganti untuk pemakaian harian. Jika hal diatas diabaikan dampak yang paling jelas akan membuat kepala piston rusak dan stang piston juga bisa bengkok.
4. Satu hal lagi hindari genangan air. Ini penting apabila anda berhadapan dengan jalan yang tdergenang air dengan tinggi sekitar bumper. Hal mesti anda lakukan ya sebaiknya berhenti atau mencari alternatif jalan yang lain. Beberapa anjuran diatas penting untuk diperhathikan agar kelangsungan dan kinerja mesin Vios anda akan tetap terjaga ketangguhannya. [mot/autoblackthrough.com]

No comments: