Djarum Black Blog Competition Vol.2

Friday, August 21, 2009

Daihatsu Mira Cocoa Incar Pasar Wanita

Melengkapi kebutuhan konsumen wanita di Jepang Daihatsu meluncurkan mobil mini terbaru, Mira Cocoa. Berkaitan dengan pasar yang hendak dicapai yakni wanita maka desainnya dibuat minimalis dan lebih feminim. Sesuai dengan bentuk mobilnya kapasitas mesin dibuat lebih kecil namun memiliki keungggulan dalam komsumsi bahan bakar yang lebih irit. Nama cocoa dipilih cocoa dipilih dari filosofi bahwa coklat mamapu membuat suasan menajdi rileks dan santai sehingga diharapkan dengan konsep tersebut kenyamanan yang dibutuhkan oleh wanita ketika berkendara dapat terpenuhi.

Mobil berpintu lima ini dibekali dengan mesin tiga silinder dan berkapsitas 660 cc. Sementara pemakaian torsi sebesar 65 Nm merupakan pilihan dari pabrikan untuk membangun tenaga 58 horse power. Untuk memudahkan pengendara wanita, transmisi empat percepatan dengan gearbox otomatis digerakkan melalui perangkat CVT. Sistem penggerak roda dibuat dalam dua pilihan konfiigurasi yakni penggerak roda depan (front wheel) dan juga keseluruhan (all-wheel drive).

Sehubungan dengan kapasitas mesin yang hanya 660 cc, maka pemerintah Jepang memberikan insentif pajak untuk mobil ini. Fitur unggulan pada mobil tersebut berupa sebuah kamera yang terletak di bumper belakangnya, berfungsi sebagai alat bantu ketika parkir. Kamera tersebut juga terhubung dengan sebuah layar pada spion dalam, sehingga pengendara mampu mengontrol situasi belakang secara pasti.

Menururt rencana pihak automaker akan melepas Mira Cocoa ke pasar bukan mulai bulan depan. Target awal penjualan mobil yang memiliki interior cukup luas dan kapasitas muatan empat penumpang ini diproduksi sebanyak 3000 unit dengan harga penjualan tanpa pajak. Sedangkan harga penjualan tersebut dibanderol mulai dari 1 juta Yen hingga 1.364 juta Yen.[nus/autoblackthrough.com]

No comments: