Djarum Black Blog Competition Vol.2

Thursday, August 27, 2009

New Ford Focus Bertenaga 340-Horsepower

Sejak kedatangannya kedalam kancah otomotif dunia, Ford Focus telah menarik perhatian banyak kalangan otomotif. Bukan hanya dari komunitas para mofdifikator saja, namun dari pihak spesialis tuner pabrikan pun merasa tertantang untuk membuat performa mesin menjadi lebih maksimal. Berkibar melalui bendera Graham Goode Racing (GGR), sang mekanik telah meracik komposisi untuk membuat tarikan Ford Focus menjadi lebih bertenaga. Tenaga meningkat sekitar 40 horse power dari performa standar yang diberikan pabrikan.

Mesin tetap menggunakan spesifikasi standar yakni 2.5-liter turbocharged serta transmisi manual dengan enam percepatan masih dianggap layak mendukung kinerja mesin up-grade terbaru ini. Rumah modifikasi yang juga dikenal dengan nama GGR ini, membeberkan rahasia dari meningkatnya tenaga sang hatchback tersebut. Hanya dengan melakukan riset ulang pada sistem Engine Control Unit (ECU), dan pengaplikasian software serta program baru pada ECU-nya, maka tenaga yang dihasilkan menjadi 340 Horse power.

Sisi lain dari mesin yang juga mendapatkan penggantian perangkat yakni berupa torsi dengan spesifikasi 397 lb-ft atau 538Nm, dan mampu bekerja pada ukuran maksimal diangka 3100 rpm. Tenaga dari mesin yang juga ditunjang oleh transmisi tersebut mampu menggerakan putaran roda pada bagian depan (front-wheels). Namun demikian sangat disayangkan ternyata pihak bengkel belum mau membeberkan seberapa angka yang ditunjukkan oleh akselerasi maksimalnya. Sehubungan dengan jaminan kepercayaan dan rasa kepuasaan untuk pelanggannya maka GGR memberikan garansi bagi upgrade ECU sekitar 12 bulan. [nus/autoblackthrough.com]

No comments: