Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, October 7, 2009

Generasi Terkini Toyota Land Cruiser Prado 2010

Tidak banyak dari kita yang masih memiliki keinginan mengendarai mobil untuk menuruni lereng yang tingkat kemiringannya sampai 45 derajat, melintasi aliran air yang cukup dalam, ataupun melalui jalan berlumpur bermil-mil. Namun bagi mereka yang senang dengan tantangan ini, Toyota lantas melansir generasi terbaru Land Cruiser Prado untuk wilayah Eropa atau biasa dikenal dengan sebutan Lexus GX untuk wilayah Amerika Serikat. Model baru ini diharapkan dapat melanjutkan supremasi GX Prado sebelumnya yang lihat melibas segala medan namun tetap nyaman untuk dikendarai.

Tampilan baru mobil ini sendiri datang dengan model tiga dan lima pintu plus kecanggihan tenaga mesin yang jauh lebih efisien. Untuk pangsa pasar Eropa, Toyota menyediakan 2 pilihan mesin antara 3.0-liter D-4D diesel atau 4.0-liter V-6 berbahan bakar bensin. Di negri Paman Sam sendiri varian mesin yang disediakan kemungkinan hanya model mesin yang berkonfigurasi V-6 namun setara kekuatannya dengan V-8 namun boros konsumsi bahan bakar.

Fitur baru untuk model tahun 2010 termasuk "Multi-terrain Select" yang mana bisa menyetel tenaga dan rem secara otomatis terlebih untuk mengoptimalkan traksi dan kontrol pada berbagai permukaan jalan. Sebuah fitur yang saling melengkapi dan dengan "Multi-terrain Monitor" pengendara juga akan dimanjakan dengan empat kamera yang bisa memberikan gambaran keadaan di luar kabin dan menjaga agar sang SUV tetap berada di jalan yang benar.

Ada pula fitur "Steering Angle Display" yang bisa memberikan prediksi bagi pengendara dalam bermanuver dan bernegosiasi ketika melalui daerah yang sulit.Perbaikan biasa lainnya ialah termasuk 11% penebalan rangka body, suspensi yang direvisi model geometri agar nyaman dan kemudi dinamis opsional juga ditambah anti-roll bar untuk membantu meningkatkan performa keseluruhan.

Untuk kelengkapan kabin alias interior juga sudah ditingkatkan. Disini terdapat dengan space kabin lebih luas karena jajaran kursi baris ketiga yang bisa dilipat. Teknologi tinggi lain terlihat dari pengoperasionalan 14-speaker, sound system memakai JBL Synthesis 7.1-channel surround, navigasi via Hard disc drive dan perpustakaan musik, ditambah fitur Bluetooth standar dan MP3. Untuk fitur keselamatan standar termasuk kontrol stabilitas dengan torsi pengontrol aktif yang membantu dalam mengendalikan kendaraan ketika menuruni bukit-bukit, disamping aplikasi tujuh airbag, termasuk airbag lutut pada pengendara, ABS serta sandaran kepala depan aktif. [mot/autoblackthrough.com]

No comments: