Djarum Black Blog Competition Vol.2

Wednesday, October 28, 2009

Simulasi Hujan Ala Funbrella

Penemuan baru dari sebuah kekayaan ide dan kreatifitas, berhasil mengembangkan produk yang tergolong inovatif. Funbrella merupakan sebuah produk berupa payung yang dapat mensimulasikan perasaan hujan bahkan ketika matahari bersinar terang. Produk inovatif tersebut merupakan hasil karya dari mahasiswa di Osaka University's Human Interface Lab, Jepang.

Sebenarnya sistem kerja yang diterapkn apad Funbrella dapat dikatakan sederhana, yakni melalui sebuah sinyal payung ajaib inin akan menghasilkan getaran yang terasa seperti hujan yang seolah menimpa sisi atas permukaan payung. Pada bagian atasnya terdapat perangkat per, magnet, dan juga sebuah kumparan koil. Cara bekerjanya yaitu denbgan menjatuhkan benda yang akan dijadikan efek. Misal rintik air hujan yang jatuh diatasnya akan disimpan denga sendirinya, untuk nanti dapat diolah secara komputerisasi guna menciptakan efek tersebut.

Bila dirangkai secara secara singkat mekainsme kinerja Funbrella seperti berikut ini, sebuah PC terhubung dengan amplifier yang menampung sinyal elektrik untuk benda yang akan dijadikan efek. Selanjutnya dihubungkan dengan speaker dan Funbrell itu sendiri. Jadi bukan hanya simulasi hujan saja, tetapi bila anda menginginkan hujan es maka anda cukup menjatuhkan butiran es diatas permukaan payung untuk diciptakan kembali efeknya.[nus]

No comments: