Djarum Black Blog Competition Vol.2

Monday, October 26, 2009

Kehadiran Honda Jazz Pertama Buatan Inggris

Tak ada lagi kalimat "Made in Japan" pada model Honda Jazz, paling tidak untuk sebagian besar konsumen Eropa. Pihak Honda telah melakukan terobosan besar dengan membuat pabrik perwakilan mereka di Inggris. Hasilnya luar biasa dengan peluncuran Honda Jazz pertama murni buatan Inggris tepatnya tanggal 7 Oktober lalu. Satu kepakan sayap mengagumkan terlebih saat ini industri otomotif mulai berangsur pulih dan menunjukkan geliat yang makin positif. Adapun pabrikan Honda di negri Sang Ratu ini berada di daerah Swidon.

Tak banyak yang berbeda dari pembangunan Jazz asli Inggris ini. Tetap seturut dengan konsep hatchback lima pintu memang lebih ke arah efisiensi dan penekanan nilai jual Jazz di Eropa yang selama ini masih diimport langsung dari Jepang. Honda mengatakan bahwa pabrik di Swidon inilah yang nantinya akan membangun sekitar 20.000 unit Jazz sampai akhir Maret 2010 dengan komposisi penjualan 75 persen akan dijual di Inggris dan 25 persen lainnya direncanakan untuk ekspor ke 55 negara di seluruh daratan Eropa dan daerah lain, termasuk Afrika Selatan.

Jazz akan dibangun bersama 2 model lain yaitu CR-V dan Civic model yang sudah disesuikan dengan spesifikasi Eropa. Penambahan Jazz akan mencatatkan tingkat produksi total yang direncanakan Honda untuk pabrik di Swindon. Keuangan yang ada saat inipun hingga berakhir 31 Maret 2010 ditargetkan akan menghasilkan 100.600 unit yang masih jauh di bawah kapasitas penuh pabrik yang ditargetkan Honda.

" Kami melihat model ketiga ini sebagai kesempatan baik dalam iklim saat ini dan kami sangat bangga bisa membangun Jazz di Swindon," kata David Hodgetts, Direktur di Honda Manufacturing Inggris di Swindon. " Menggeser produksi ke Inggris benar-benar jadi satu ujian sesungguhnya bagi setiap Asosiasi kita di sini di Swindon, dan pengakuan tentang standar tinggilah yang ingin terus kita capai seiring dengan perkembangan pabrik " tambahnya lagi. [mot/www.autoblackthrough.com]

No comments: